Sabtu, 23 November 2019

Memulai dari Kami



Melatih Anak Cerdas Finansial Sejak Dini
Day 1

Sejujurnya  waktu awal awal membaca materi cerdas finansial ini jelas menjadi sedikit tamparan buat saya sebagai parent. Why? Karena sebagai individu masih sulit mengendalikan diri untuk cerdas finansial intinya masih dalam proses dan tahapan belajar menuju kesana. Apalagi untuk melatih anak cerdas finansial sejak dini. Harus ada persiapan  dan contoh dulu dari ortunya kan?
Karena itu pada challenge bunsay kali ini saya putusakn bahwa challenge cerdas finansial ini menjadi proyek keluarga. Karen itu ada beberapa hal yang kami rencanakan dan evaluasi dalam challenge kali ini:
1.       Mengevaluasi ulang  mengenai perencanaan dan pengeluaran anggaran belanja selama ini
2.       Membuat beberapa rencana jangka pendek dan jangka panjang yang melibatkan investasi  dan juga tabungan. Karena selama ini kedua hal tersebut masih sering lost kontrol. Bisa menabung tapi pada akhirnya terpakai juga untuk hal hal lainnya.
3.       Melakukan perincian lagi secara lebih detail. Selama ini kami hanya membagi dalam part besar dan akhirnya sering terlewat sehingga tahu tahu saja sudah sekian banyak bocornya
4.       Selalu menanamkan value pada saat membeli barang. Value yang sangat saya suka adalah yang diajarkan oleh Marie Kondo. Apa kah saya perlu barang ini? Apa manfaatnya jika saya memiliki barang ini? Dala hal ini juga secara tidak langsung belajar konsep want dan need karena selama ini sering bablas. Hehehe
5.       Lebih menggiatkan lagi konsep syukur kepada anak anak, bahwa segala sesutau yang selama ini mereka punya, meraka pakai, dan mereka nikmati semata mata adalah milik Allah. Hanya kepada Nya lah kita meminta sesuatu.
6.       Saya juga menyukai konsep yang diajarkan ummu balqis di, ummu balqis blog. Bahwa dalam melihat sebuah barang kita perlu:
a.       Menyadari bahwa barang itu di beli dengan  keringat dan usaha
b.      Menggunakan barang berdasarkan pada kebermanfaatannya bukan pada brand dan harganya
c.       Tidak ada konsep mahal atau murah, tetapi kembali kepada fungsi masing masing. Jadi ditanamkan pada mind set anak anak bukah tentang mahal /murah atau brand ini/brand itu.
Demikian bismillah perencanaan 10 hari ini dalam challenge cerdas finansial kali ini. Semoga sukses.... aaamiiin



#day 1
#gamelevel8
#kelasbundasayang
#cerdasfinansial















  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar